Orangtua Belajar Game : dari PUBG sampai Alan Walker

  “Ummi coba nonton K/DA popstar, opening ceremony dari League of Legends,” saran putriku, ketika aku bilang malas belajar game. Sebagai orangtua dan psikolog, mau tak mau aku harus belajar apa yang menjadi hobi, perhatian, kesukaan dari subyek klienku yang didominasi remaja dan orangtua yang mengeluhkan kondisi anak-anak mereka. Membahas dunia anak muda membuatku dapat... Continue Reading →

Film Searching : Ketika Sebagian Temanmu di Media Sosial Jahat & Opportunist!

  “Ummi harus nonton!” anakku mengirim teks. “Aku udah nonton sama temanku di Yogya.” “Yah…kalau film begitu, Ummi gak ada temannya buat ke bioskop.” “Ummi harus ajak Abah dan adik-adik buat nonton. Bagus banget! Gimana tentang dunia maya saat ini. Gimana orangtua harus belajar.” Aku penasaran banget. Film-film psikologis memang sengaja kutonton untuk memberikan pelajaran... Continue Reading →

Asyik Punya Anak Banyak, atau Anak Sedikit?

  “Hah? Anakmu 4?” Dosen saya terbelalak. Beliau tak percaya saya bisa punya anak banyak. Maklum, badan saya kecil mungil.  Waktu melihat ekspresi beliau yang seperti itu, sebetulnya saya ingin terus bilang : “aslinya saya ingin punya anak 6 atau 12 lho, Pak.”   Waktu putri sulung saya sekolah di SMP Negeri, dia juga sering... Continue Reading →

Hari –hari Pertama Berpisah dari Anak : masuk sekolah, mondok di pesantren, berpisah kota karena kuliah

  Awal si sulung kuliah di kota lain, rasanyaaaa! Anak cewek, belum terlalu mandiri, punya sakit maag. Melihat kos-kosannya yang minim fasilitas, mau nangis aja rasanya. Saya dulu pernah kos di Jakarta, pergi sendiri bareng teman-teman. Mengalami pahit getir jauh dari orangtua. Pernah nangis juga karena sakit, nggak punya uang, berentem sama teman...hehehe, romansa anak... Continue Reading →

Berapa Besar Sumbangsih FLP (Forum Lingkar Pena) bagi Indonesia?

    22 Februari 2017, Forum Lingkar Pena tepat berusia 20 tahun. Organisasi ini di sebut Taufik Ismail sebagai  ‘anugerah Tuhan bagi bangsa Indonesia’, sebuah ucapan yang layak direnungkan dan dibanggakan bagi segenap anggota serta pengurus FLP di Indonesia maupun perwakilannya di luar negeri.  Dalam angka yang diakhiri dengan imbuhan –an ; anggota FLP mencapai... Continue Reading →

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: