Bagaimana Jika Minat-Bakat Anak, Bertentangan dengan Keinginan Orangtua?

“Papa mamaku dokter. Mereka ingin aku jadi dokter juga. Tapi aku nggak mau!” “Aku suka jadi EO, tapi orangtuaku pingin aku sekolah D3 teknik. Gimana?” “Awalnya aku kulian di institute agama. Lama-lama orangtuaku tahu, aku berbakat di music.” “Sepanjang hidup aku nurut orangtuaku, tapi aku sudah nggak tahan lagi. Aku sebetulnya suka gambar dan ingin... Continue Reading →

Pelukan Skin–to-Skin yang Menjadi Obat

    “Ummi, keloni,” rengek si bungsu ketika beberapa waktu lalu sakit. “Lho, Ummi udah tidur di sampingmu.” “Tapi belum dikeloni.” “Ummi sejak tadi tidur di samping kamu, Say.” “Pokoknya keloni!” Aku memeluknya dari belakang, merasakan tubuhnya yang panas karena demam tinggi. Beberapa bulan lalu kami gantian sakit. Dua anakku gejala DB, yang dua lagi... Continue Reading →

Politik yang Bergairah

  “Mama kamu nyoblos apa?” “Partai V. Kalau Mama kamu?” “Aku X. Kok gak sama ya?” Kami ibu-ibu senyum-senyum dengar percakapan anak-anak kecil di sekolah. Anak-anak itu boleh jadi diajak bunda mereka ke bilik suara, melihat tata cara mencoblos dan terjadi diskusi tersebut. Mereka masih kecil-kecil, kadang masih nangis ngosek kalau nggak dituruti jajan. Tapi... Continue Reading →

Suamiku Bisa Berubah!

  “Pussss?” sapa suamiku. Aku baru tahu kalau suamiku benar-benar berubah tadi pagi. Sepulang kami dari masjid usai sholat Subuh, aku jalan di belakangnya. Ia berada di depanku, jarak tiga langkah, lalu tampak makhluk hitam kumal berbulu tengah terkantuk dekat tong sampah.   Benci kucing setengah mati Semua anakku suka banget sama kucing. Kucing putih,... Continue Reading →

Asyik Punya Anak Banyak, atau Anak Sedikit?

  “Hah? Anakmu 4?” Dosen saya terbelalak. Beliau tak percaya saya bisa punya anak banyak. Maklum, badan saya kecil mungil.  Waktu melihat ekspresi beliau yang seperti itu, sebetulnya saya ingin terus bilang : “aslinya saya ingin punya anak 6 atau 12 lho, Pak.”   Waktu putri sulung saya sekolah di SMP Negeri, dia juga sering... Continue Reading →

Hari –hari Pertama Berpisah dari Anak : masuk sekolah, mondok di pesantren, berpisah kota karena kuliah

  Awal si sulung kuliah di kota lain, rasanyaaaa! Anak cewek, belum terlalu mandiri, punya sakit maag. Melihat kos-kosannya yang minim fasilitas, mau nangis aja rasanya. Saya dulu pernah kos di Jakarta, pergi sendiri bareng teman-teman. Mengalami pahit getir jauh dari orangtua. Pernah nangis juga karena sakit, nggak punya uang, berentem sama teman...hehehe, romansa anak... Continue Reading →

Ibu-ibu yang Membangun Sekolah

    Buku MATA : Mendidik Anak dengan Cinta, Alhamdulillah mendapat sambutan positif dari masyarakat. Setiap kali bedah buku ini, para ibu-ibu yang hadir berkenan membelinya. Mereka pun membeli tak hanya bagi diri sendiri, tapi menyimpan untuk dijual lagi atau diberikan pada teman. Ada hal-hal unik yang kutemukan ketika membedah buku ini. Baik di Surabaya,... Continue Reading →

Buku baru : Mendidik Anak dengan Cinta

Pernahkah kita menemukan jalan buntu ketika mengajarkan bab Tuhan, malaikat, setan dan perkara ghaib lainnya kepada anak-anak? Apakah kita sulit menanamkan rasa nasionalisme dan kebanggaan menjadi orang Indonesia ?   Berangkat dari permasalahan sehari-hari, disesuaikan dengan teori psikologi dan bagaimana sebagai orangtua harus terus mencari akal, mengasah ketrampilan dan jungkir balik berhadapan dengan sifat kritis... Continue Reading →

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: