Al Ishlah, Bondowoso

dsc00745 dsc00790

Alhamdulillah, tanggal 28 maret 2009, aku berkesempatan mengisi pelatihan di pesantren Al Ishlah, Dadapan, Grujugan Bondowoso. Pesantren yang berdiri di tanah seluas 10 hekatr lebiih ini dihuni santri yang berasal dari beragam penjuru tanah air. Luarbiasa, mereka sungguh sosok santri yang tangguh dan gemar mencari ilmu.

Bayangkan, hari dimulai dengan sholat malam 02.30 dini hari dan semua kegiatan berakhir pukul 22.00 malam! Ketika aku bertanya, “…kalian nggak capek?”

“Kami sudah terbiasa, Bunda.”

Subhanallah. Mereka dipisahkan ribuan kilo dari ayah, bunda, orang-orang yang mereka cintai. Banyak yang bertahun-tahun menghabiskan waktu di pondok, tak bertemu orangtua sebab mereka harus prihatin mengingat biaya perjalanan yang tak sedikit. Lebaran pun harus dihabiskan di al Ishlah jika tak ada sanak saudara berkunjunga dan menjemput. Ketika aku bertanya, tidakkah mereka rindu kampung halaman dan orang tua?

“Ya, memang beginilah, Bunda, perjuangan orang mencari ilmu…”

Subhanallah, aku teringat bagaimana dulu para salafussholih berjuang mencari ilmu , meninggalkan apa yang mereka cintai di belakang.

62 thoughts on “Al Ishlah, Bondowoso

  1. Assalamu’alaikum, Bunda. Ya, begitulah memang santri, tak lekang oleh panas dan tak lapuk karena hujan, makasih ya Bunda udah ngisi di pondok Ridho, semoga Bunda ditambah semangatnya untuk menyumbangkankan karya-karya Bunda untuk Ummat,” Koirunnaasi anfauhum linnasi” Sebaik-baik manusia adalah yang palin bermanfaat bagi lainnya. Ingat deh sabda Nabi yang menjadi motto santri Al-Ishlah, yang sering Abi Bicarakan di depan santri-santrinya. Jazakumullah khoirul jaza.

  2. assalamualaikum
    sebelumnya perkenalkan ana santri Alumni Al-Ishlah bondowoso tahun 2007..sekarang di Yemen..ana lihat mbak pernah ngisi di pesantren ya..?dan ana lihat banyak sekali pengalaman mbak di dunia kepenulisan..ana mau banyak belajar ma antunn tentang kepenulisan!gimana? beri ana solusi? kebetulan ana sekarang di FLP yaman..yang baru aja di rintis..
    jazakumullahu khoiro

    • sintayudisia berkata:

      Wa’alaikumsalamwrwb. Alhamdulillah, mbak pernah berkunjung ke Al Ishlah dan terkesan sekali. Semoga banyak ustadz dan ustadzah yang jadi penulis handal. Untuk organisasi FLP yang penting ada ketua, sekretaris dan bendahara agar organisasi tersebut ‘hidup’. Berikutnya lakukan pertemuan rutin seminggu sekali, atau 2 minggu sekali atau satu bulan sekali. Tema : membahas tulisan, entah tulisan dari media (cerpen novel, non fiksi) atau membahas tulisan dari teman-teman. Tulisan Fajar misalnya. Dikritik sendiri lalu coba kirimkan ke majalah/penerbit. Nggak bisa diterbitkan? Bikin buletin sendiri! Ini yang dilakukan banyak FLP cabang Jatim. Selamat berjihad ya…

  3. rif'an berkata:

    ass…. wr…. wb….
    alhamdulillah perkembangan al-ishlah cukup pesat secara fisik n sarprasnya semakin lengkap, ana ucapkan semoga al-ishlah semakin baik dari segala hal, ana adalah alumni al-ishlah 96-97, sekarang lagi merintis pesantren di Purworejo, kepada bu sinta mohon do’anya dan saran bila mungkin, mudah-mudahan rencana ana dengan teman-teman bisa terwujud dengan baik , amin.

  4. asyiroh mujahidah fillah berkata:

    assalamualaikum.wr.wb.
    Bunda..ini asyiroh,santriwati Al Ishlah kelas 4 tahun ini.sebenarnya asyiroh pengen banget ngobrol-ngobrol dengan Bunda tentang dunia tulis menulis…tapi berhubung kemaren Bunda sibuk dengan seminar di pondok,ya…pastinya kita ga bisa ngobrol ya Bun..tapi makasih banget lho Bun, udah nambah pengetahuan kami santri Al Ishlah.pokoknya kita tunggu kedatangan Bunda lagi di bumi Al Ishlah ya…
    jazakumullah,wassalamualaikum.wr.wb

    • Thufailah Mu'awina Nur berkata:

      Wah, dedekku sayang muncul di dieu… hihihihi… sini, belajar nulis ama mbak ajah, dijamin tulisannya ancur. hehe… *kidding honey*.

      To: Bunda Shinta.

      Jazakillah khoirul jaza’ kami ucapkan untuk ilmu yang diamalkan di pesantren kecil kami.

      Best regards,
      Thufailah MN / Thufailah Al-Laitsy

  5. zainur ridho berkata:

    assalamualaikum Wr.Wb
    bunda gmn kbrx. ni dari santri kls 4, kngmng-ngomong bunda kapan mo dtng k pondok lagi

    • sintayudisia berkata:

      Assalamu’alaikumwrwb. Dek. Bunda pingiiiin banget ke Al Ishlah lagi. Doakan ya…ayo, kapan buat acara lagi?

  6. Assalamu’alaikum wr. wb. Bunda,

    walaupun usiaku masih kecil dan duduk di bangku SD, aku senang dan aku pengen juga pinter nulis, aku yakin saudara-saudaraku yang di Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso sangat berbahagia berada di kampus islamy. waduh..pengen rasanya mondok di sana.. tolong dong bunda fasilitasi-in aku mondok disana. aku baru duduk di bangku kelas 4 sd. bisa enggak ya mondok disana…

    wassalamu’alaikum wr.wb.

    yasin.

    • sintayudisia berkata:

      Assalamu’alaikumwrwb. Yasin yang sholih….coba Yassin langsung ke pesantren Al Ishlah ya….Yassin ada dimana? Insyaallah pesantren al Ishlah terbuka bagi siapa saja koq. Senang lho, santrinya dari segala penjuru Indonesia. Sering dikunjungi syaikh dari Timur Tengah (Yaman dsb). Selamat berjuang ya…Wassalam

      • yasin berkata:

        terima kasih bunda. dan mohon ma’af baru ngebalas ya..maklum yasin kan masih kecil, baru belajar buka website. bunda, tolong dong yasin di ajari menulis ya.. yasin pengen kayak kakak-kakak di pondok pesantren Al Ishlah Bondowoso. sungguh menyenangkan begitu yasin bersama keluarga ke sana, tempatnya sejuk, rindang, tidak gersang, anak-anak-nya ramah-ramah dan sopan-sopan, dan disana katanya ada ikut banyak pelatihan … terima kasih bunda sudah kasik saran. sampai jumpa. wassalam.

  7. asslm. ana alumni al islah thn 1998. ana sekarang putus silaturrahmi dengan ponpes.kai pingin sekali berkumpul lagi di ponpes seperti dulu.tapi waktu jualah yang tidak memungkinkankarna ana sekaramng di flores .jadi salam buat pak kyai dan bu nyai serta mba kartini kami rindu semuanya.

  8. rosma berkata:

    Assalamu’alaikumwrwb.

    af1 jidhon bunda uda gangu……. ana nita dr jakarta, stelah saya mlihat perkembangan yang bgitu bagus d pondok al-ishlah, ana sngat kagum dng anak-anak sntri bunda, ana jga pengen k pesantren buda. ana doain smaoga pondok pesanter al-islah smakin maju n skses slalu. amin…….. bunda doain ana biar ana bisa k pndok al-ishlah jga ya……..

  9. Sahar berkata:

    Assalamu alaikum.. Kfal hal Bunda? Smga snantiasa dalam lindungan Allah ta’ala. amin..
    Af1 numpang silaturrahim nih.. ana juga satu dari sekian banyak santri yang dibesarkan di pesantren tercinta ini. sejak tahun 95 sampai 2000 banyak kenangan suka duka yang ana rasakan. sekarang ana di TIm-Teng (Qatar). Jazakillah telah berkenan berkunjung ke Pesantren kami…

    Mudah-mudahan pelatihan semacam ini akan banyak memberikan manfaat. Buat adiki-adik semua, salam silaturrahim! Ana tunggu karya2 nya..

    Akhi Rif’an dan Rusmin, gimana kabarnya? ana tunggu silaturrahimnya di sahar_elsasaki@yahoo.com.

    buat bunda, syukron ya! kapan bisa silaturrahim ke ikhwah/ akhwat di qatar?

  10. JUNADIL AWAL berkata:

    assalamualaikum.ne..aku dari NTB lombok gimana kabar pondok al isllah sekarng ……aku karang dah berhenti sekolah di allislah

  11. Avick Ashari berkata:

    Assalamu alaikum? Thank you very much to Al-ishlah, salam ABi, UMI beserta keluarga. Dan seluruh jajaran ust dan ustd. terima kasih Bunda moga ilmu yang di ajarkan menjadi amal jariah bagi Bunda…Amin salam dari alumni 2002-2003. para alumnus mari bersilatur rahmi dan jalin ukhuah islamiyah. ashariavick@yahoo.com

  12. asslam..alhmadulillah…akhirnya saya bisa berkesempatan numpang nulis.perkenalkan bunda…saya luqman saya pernah tinggal di ponpes Al-Ishlah tersebut tepatnya tahun 2002-2003. saya ditugaskan mengabdi di ponpes tersebut selama setahun. mungkin kita gak pernah ketemu..salam taáruf aja ya bunda…untuk anak-anak didik yang pernah belajar sama saya, mohon maaf..ya..saya belum bisa mengunjungi pondok…maklum..ja …jaraknya lumayan jauh…..syukron katdiron bunda…atas fasilitasnya……

  13. Afrohah Ks berkata:

    Assalamu’alaikum bunda….
    Terima kasih Abi… Terima Kasih Umi… Terima kasih Keluarga Besar PP. Al-Ishlah, semoga Allah selalu menurunkan Rahmat dan mau’unahnya pada segenap keluarga besar PP. Al-Ishlah tercinta… Amien…

    Bunda… saya salah satu alumni pp. Al-Ishlah… saya bangga… banget dengan PP. Al-Ishlah, dan saya yaqin, santriwan dan santriwati PP. Al-Ishlah adalah para mujahid dan mujahidah yang sangat berpotensi…

    semoga ilmu bunda tersemai dan berkembang dalam tanah jiwa yang semangatnya tak lekang oleh panas dan tak lapuk oleh hujan seperti yang di tulis de’ Ridho… he..he..

  14. afthori, berkata:

    assalamualaikum wr wb
    bunda yang baik, saya adalah mahasiswi di PP Al Ishlah. kemarin waktu bunda ke pondok, sy belum berkesempatan mengikuti acaranya bunda, jadi bolehlah saya bersua melalui tulisan di sini. saya bangga dengan apa yang ada di al ishlah bunda, termasuk kpd bunda yang pernah berkunjung di sana. al ishlah mengajari saya untuk bekerja dengan “cinta” dan “setia”. tapi saya ragu, apakah saya bisa? bunda…….. ayoooooo ke al ishlah lagi! jazakillah ya?

  15. muhammad z. a berkata:

    assalamu’alaikum bunda…
    gimana kabar bunda dan flp tercinta ?
    mw tanya ne..
    ana punya tulisan, rencana dibikin novel. tapi karena gak jadinya berulang kali…
    akhirnya ane berinisiatif untuk bikin puisi yang panjang bgt… mungkin 27 kali punya Gus Mus yang pernah dimuat di jawa pos (kalo ga benar) sekitar tiga tahun lalu…
    apa udah pernah ada yang semaem itu bunda ?
    terima kasih bunda…

    (zaky; orang yang pernah bunda panggil jati_lebih baik memang seperti itu, bunda panggil ana jati saja_)
    wassalam…

  16. dydo berkata:

    assalau’alaikum Bunda…
    ada banyak cerita dalam hidup ana, sebagian menjadi rahasia sebagian yang lain menjadi hiasan di tengah guliran waktu. seiring bersama detak jantung bumi, telah ana lewati waktu itu selama 23 th. masa yang cukup untuk bisa memberikan deskripsi atas apa yang udah ana lalui dan apa yang semestinya ana ambil ibrah terindah.
    Bunda, bukankah cinta umpama air bagi dahaga? tapi justru ana selalu terjebak, sebelum tersandung karena jalan seakan makin gelap. seperti meneguk air yang semakin mencipta haus. ana belum mengerti jelas, bagaimana menjalani cinta hingga karunia tak lagi ternoda. Bunda, kata “ana”, “antum” dll semacamnya, sangat baru dan sedang ana biasakan dalam tiap komunikasi antar teman yang sekarang bahkan kepada teman yang dulu.
    Bunda, terima kasih jika bunda berikan satu kalimat saja untuk ini. sekedar menjadi bintang di langit hati yang sedang malam. ana pasti akan pandangi, dan tersenyum karenanya…
    Bunda, terima kasih.
    wassalam/Dydo

    • Assalamu’alaikumwrwb.
      Dydo…cinta adalah sesuatu yang dmekian indah jika dinisbatkan kepada Tuhan Yang Satu. Ibadah, mengabdi pada suami, mengasihi istri, mengasuh anak-anak, bekerja, meimba ilmu..semua demikian indah dan punya makna ketika didasarkan pada cinta Ilahi. Tetapi cinta yang berlandaskan nafsu akan senantiasa dihantui was-was. jangan-jangan…jangan-jangan…dan seterusnya. Karena itu jika dirimu yang masih muda belia dirundung cinta seperti cinta Majnun pada Layla; waspadalah…jangan2 itu tipudaya setan. Berdoalan, banyak beraktivitas ya…
      Wassalam

  17. Nailul Iman berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Bunda, ini ana santri pon pes al ishlah, ana mau ucapin terimakasih adah ngisi acara jurnalistik bidang tulis menulis. Ana juga suka menulis. Doakan ana ya biar ana bisa jadi orang sukses.
    Dan juga untuk semua pembaca yang budiman khususnya santri PP. Al Ishlah ana minta maaf yang sebesar besarnya
    Wassalamualaikum Wr Wb

  18. Thufailah Mu'awina Nur berkata:

    Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Salam ukhuwah.
    Tulisan yang hidup berasal dari jiwa yang hidup, ditorehkan oleh tinta sang master yang amar ma’ruf nahiy munkar adalah ruh pergerakannya.
    Sebuah kehormatan bahwa ternyata seorang penulis buku The Road to The Empire yang selama ini saya puja bersedia datang dan membagi ilmunya di pesantren kami. Semoga Allah memberi kesempatan lagi pada Bunda untuk berkunjung ke Al-Ishlah. Semoga kita dapat saling memberi manfaat dunia akhirat.
    Jazakumullah ahsanal jaza’.

    Best regards,
    Wina – FK Unair.

  19. bunda ni ana santri al ishlah kelas 2 kmi.ana perwakilan dr kls 2 kmi buat ngucapin terima kasih buat bunda karena udah ngisi acara di ponpes ini apalagi acaranya seru banget.makasih ya bunda semoga bunda bisa datang kagi ke ponpes ini.jazakumullah.assalamualaikum wr.wb.balaz.

  20. asslamu’alaikum…
    dari PW PII JATIM, mengapresiasi segala bentuk kegiatan temen2 Silah. jadikan kekutan tulisan menjadi tulisan yang menggugah dan mengubah!!

    NB: silah putra dan putri mesti akur ya…!!

  21. Asslam Hamba Allah yg Baik Hati.
    Saya adalah seorang alumni Al-Ishlah 2001. Saya tidak tahu perkembagan Al-Ishlah itu seperti apa sekarang. namun lewat Wbsite ini ana menemukan bawa ternya al-ishlah uda maju pesat. makasi ya Mbk yg uda mau berbagi dg adik2 di pesantre. “Khairukum man talam Qur’an wa…….”

  22. rhiney aisyah berkata:

    bundaaaaaaaaaa aq kangen ne q rini penitia jurnalistik tahun kemarin
    kapan bunda mau ke pondok q lage
    kitab kangen ne

  23. hackiem berkata:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Cuma bisa ber do’a smoga apa yg Qta inginkan bisa tercapai….
    n kpn qta bisa berkumpul lgi bersama bunda & keluarga besar ponpes Al-Ishlah????

  24. khoirul abu yasir berkata:

    assalamu’alaikum wr wb….

    afwan numpang salam u temen2 yang dinegeri orang…..gmn kbrny akhi sahar diqotar,akh nastain dkk dikairo?semoga Allah menjaga kesehatan antum sma…begitu juga u teman2 alumni al ishlah smg selalu sukses dan komit terhadap iqomatuddien….jangan lupa dg motto alishlah “Sebaik2 manusia adalah yg paling bermanfaat bagi yg lain ”

    wassalamu’alaikum wr wb……..

  25. H. Suharto, S. Pd. berkata:

    Rasa rindu betul- betul terasa akan suasana, dimana saya dulu sekitar tahun 1991 s.d. tahun 1998 hidup mengabdi ditengah-tengah banyak sosok yang penuh dengan kedamaian dan ketenteraman, penuh suka dan ingin rasanya saat-saat itu terulang kembali dengan adik-adik santri dan teman-teman ustad : Ust. Abd. Aziz, Ust. Syamsuddin, Ust. Munasik, Ust. Yamin (Desong), Ust. Ya’kub, dan lain-lainnya, wabil khusus Abi Ma’shum, Umi Mun, embah Kartini; jazakumullah khoiro, semoga Allah merahmati beliau semua. Dari salah seorang hamba yang merakit hidupnya di pulau Sebatik ( Ambalat )

  26. assalamu alaikum wr. wb
    kangen saat- saat masih di pondok… dan untuk rasyid ridho,, hebat banget lo… aku kagum sebagai adek kelas mu. walaupun mungkin antum lupa…….

    dan buat teman-teman se angkatan salam manis dari ku : jalil,agung, anang, ibrahim,arjun akmal.. n bnyak lagi…. pokoknya Q rindu kalian banged…
    if you read this coment please contact me at : 0853 5400 4641 for my friends

    thanks before

  27. tatik berkata:

    assalamualaikum….
    ma’af sebenarnya sya sdah dapat info dri teman tentang ponpes al islah ini,,,namun sya msih d srankan untk mngunjungi web_nya saja dlu,,,
    sya mau tanya apa pendaftaran mahasiswa baru untuk thun ajaran ini masih di buka dan apa sja persyaratannya???
    terima kasih infonya,
    wassalam…

    • Wa’alykumsalam. Dek, kebetulan mb Sinta pernah mengisi acara di sana tapi kurang tahu ttg syarat2 yg berkenaan dg penerimaan di pesantren Al Ishlah. Adakah contakt person di website nya? Maaf ya…

  28. trimakasi abi maksum dan ustad thoha, ustad dan ustadza smuanya trimakasi atas bimbingannya. kami dapat bersaing dan slalu meningkatkan study kejenjang yang lebih tinggi karena kami sangat cinta dengan al-ishlah.

  29. trimakasi kepada smuanya citivitas al-ishlah trimakasi atas bimbingannya. kami termotivasi untuk bersaing dan slalu meningkatkan study kejenjang yang lebih tinggi karena kami sangat cinta dengan al-ishlah.

  30. CV KARYA SEJATI
    WILDAN TRUSS
    Alamat : PP. Haudlul Wildan Sumbergebang – Langkap – Bangsalsari – Jember
    Telp. : (0331) 7785939 – 7812893
    Email : wildantruss@yahoo.co.id

    Kepada Yth.
    Bapak Pimpinan
    PON.PES. AL ISHLAH
    Di_
    Bondowoso

    Dengan hormat .
    Dengan ini, kami mengajukan penawaran rangka kuda – kuda baja ringan, dengan spesifikasi sebagai berikut :

    – Meterial = UK. 100.80 x 6 m
    – Meterial = UK. 75.75 X 6m
    – Meterial = Reng A 32.45

    Luas bidang miring = 641 m2
    Harga per meter = 120.000.-

    Demikian penawaran ini atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
    – Dp 20%
    – Material diantar ke proyek, ditambah 20%
    – Progress 20%
    – Pekerjaan selesai, lunas
    – Masa pemeliharaan 3 bulan

    Bangsalsari, 20 Juni 2012
    Piimpinan
    Cv Karya Sejati

    Bapak Sugik Khariyanto

  31. Kepada Yth.
    Bapak Pimpinan
    PON.PES. AL ISHLAH
    Di_
    Bondowoso

    Dengan hormat .
    Dengan ini, kami mengajukan penawaran rangka kuda – kuda baja ringan, dengan spesifikasi sebagai berikut :

    – Meterial = UK. 100.80 x 6 m
    – Meterial = UK. 75.75 X 6m
    – Meterial = Reng A 32.45

    Luas bidang miring = 641 m2
    Harga per meter = 120.000.-
    Luas x harga per meter = 641m2 x Rp 120 000=Rp 76.920.000.-

    Demikian penawaran ini atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
    – Dp 20%
    – Material diantar ke proyek, ditambah 20%
    – Progress 20%
    – Pekerjaan selesai, lunas
    – Masa pemeliharaan 3 bulan

    Bangsalsari,20 juni 2012
    Pimpinan
    CV Karya Sejati

    Bpk. SUGIK KHARIYANTO

  32. nanang Qs berkata:

    Aslmkum… afwan,, ane ikut nyantol… ane mhasiswa d STIT Al Ishlah Bondowoso, tp ane lum smpat ktmu am BUNDA… pngen nmba ilmu ma bnda boleh??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s