#18 Catatan Seoul :Seoul Foundation for Arts and Culture (1)

 

Anda harus baca ini!

Bagaimana segala seni dapat memacu kreativitas masyarakat, menjadikan kota jauh lebih indah, energik dan membuka peluang ekonomi.

Seoul, sebuah kota yang maju di wilayah Semenanjung Korea. Kota dengan kontur berbukit-bukit sehingga beberapa distrik memiliki jalan yang sangat curam. Dengan segala dinamikanya, Seoul menjadi salah satu kota yang sangat dinamis dan energik di dunia. Sebagai bagian dari masyarakat modern, Seoul juga mengalami permasalahan layaknya kota besar lain. Kepadatan penduduk, tekanan  kerja, persaingan karier dan akademis, biaya hidup, benturan budaya dan lain-lain.

Untuk dapat meredam segala sisi negatif sebuah kota besar, diperlukan alihan pelimpahan emosi negatif dari masyarakat. Karenanya, Seoul menciptakan ruang-ruang seni untuk dinikmati. Menimbulkan suntikan semangat baru, kelegaan, sudut pandang yang lebih kaya, ketenangan serta kebijaksanaan.

Apa saja ruang yang digagas oleh Seoul Foundation for Arts and Culture?

  1. Seoul Art Space Yeonhui for writers
  2. Seoul Dance Center, Seodaemun-gu
  3. Seoul Art Space Seogyo, Mapo-gu
  4. Seoul Theater Center, Jongno-gu
  5. Seoul Creative Spaces, Sindang

Yuk kita lihat satu –satu!

 

 

Untuk Yeonhui sudah saya tulis di Catatan Seoul . Silakan klik disini.

Tahun 2016, Yeonhui bekerja sama dengan ASIA journal magazine untuk mengundang penulis internasional. Alhamdulillah saya terpilih sebagai salah satu penulis internasional yang diundang. Ada 3 penulis : Sinta Yudisia – Indonesia, Pankaj Dubey – India dan Prof. Batkhuyag Purukhevuu Mongolia. Sebagai penulis yang diundang kami mendapatkan fasilitas : tiket PP, per diem selama tinggal, serta tempat tinggal gratis selama sebulan lebih.

Apakah anda sebagai penulis ingin tinggal di Seoul, gratis?

Sepanjang tahun, SAS Yeonhui membuka kesempatan seluas-luasnya bagi penulis puisi, cerita pendek, novel untuk tinggal di Yeonhui. Bila lulus screening, penulis dapat tinggal 1 bulan gratis di paviliun indah dan nyaman. Ingat, di Seoul lagi. Harga hotel mahal disini.

Apa saja yang dapat disiapkan?

  1. Aplikasi lamaran dapat dikirim ke yeonhui@sfac.or.kr
  2. Uang tiket PP. Untuk dapat tiket murah,cobalah rajin hunting tiket pesawat. Biasanya, pesawat yang berangkat hari Selasa/ Rabu lebih murah.Pesan juga tiket langsung untuk pulang pergi.
  3. Bawalah bahan baku makanan uk 2 minggu atau sebulan ke depan, demi menghemat pengeluaran. Lihatlah berapa kilo bagasi yang diizinkan pesawat. Jika dapat bagasi sekitar 40 kilo, kita dapat menyiapkan bahan makanan untuk sebulan!
  4. Jangan terlalu royal belanja. Ingat tujuan kita untuk mendapatkan pengalaman berharga. Tapi kalau memang tersedia dana belanja, silakan ke Insadong. Makanan halal tersedia di Itaewon.

 

  • 2) Seoul Dance Center, Seodaemun-gu

 

Divisi ini menyediakan juga international residency untuk penari dari mancanegara. Jadi, bagi yang ingin mendaftar untuk diundang kemari, silakan kirim aplikasi.

Divisi yang menyediakan international residency adalah Yeonhui dan Dance Center. Tidak semua divisi memiliki fasiltias tempat tinggal.

Dance center memiliki ruang-ruang yang menarik! Ruang tidur, communal kitchen, library serta ruang-ruang latihan.

Untuk mendapatkan kesempatan tinggal di international residency for dancing, silakan kirim email ke dancenter@sfac.or.kr atau lihat di https://www.facebook.com/seouldancecenter

(bersambung)

2 thoughts on “#18 Catatan Seoul :Seoul Foundation for Arts and Culture (1)

  1. “..Sepanjang tahun, SAS Yeonhui membuka kesempatan seluas-luasnya bagi penulis puisi, cerita pendek, novel untuk tinggal di Yeonhui. Bila lulus screening…”

    persyaratannya apa saja Bu untuk bisa ikut berkompetisi di sana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s