#2 Orang-orang Istimewa (1)

Steve Jobs berkata bahwa dalam hidup ini, manusia akan menemukan red dots -titik-titik merah- yang bila dirangkai, akan membentuk sebuah pola. Pola itu mungkin tak bermakna, absurd, ketika usia masih demikian muda dan manusia belum tahu hakikat hidup. Suatu masa saat insight dengan kedewasaan, pola itu akan memberikan arti penting.

Seorang Ustadz pernah menyampaikan hikmah kisah Nabi Yusuf a.s.
Pertemuan dengan orang-orang dalam penjara, bukanlah terjadi kebetulan. Orang-orang tersebut memiliki peran dalam kehidupan Yusuf as dan sejarah dunia di kemudian hari. Jangan remehkan siapapun, who knows, orang-orang itu yang akan membuat jalur titik merah : pola yang akan menentukan bagaimana cita-cita dipahatkan.

Saya pernah menuliskan kisah bertemu orang-orang ajaib mulai pemuda penjaja cinta, supir taksi, hingga seorang lelaki yang suka sekali mengumpat dengan kata-kata kotor. Orang-orang yang kadang tak senonoh di perjalanan, membuat saya mengambil satu keputusan luarbiasa penting : berdoa sebelum perjalanan.

Dulu, biasa saja menyiapkan perjalanan. Tiket, uang, baju, makanan dan minuman. Sampai suatu ketika bertemu orang yang “luarbiasa” akhlaqnya hingga sejak itu memanjatkan doa safar : Ya Allah, berikan teman perjalanan yang sholih shalihah. Berikan teman satu gerbong yang baik. Berikan teman duduk di pesawat yang memberi hikmah ilmu. Alhamdulillah, sejak saat itu perjalanan demi perjalanan bertemu orang-orang yang memberikan wawasan ilmu dalam segala nuansanya.

Ahya, seperti quote dalam novel #Rose yang ternyata seringkali dikutip pembaca.
“Tuhan ternyata tak pernah melupakan doa-doa hambaNya.”
Bahkan ketika si hamba lelah, jenuh, malas berdoa sebab merasa tak mendapatkan jawaban.

Doa memohon teman baik sepanjang perjalanan, ternyata bukan hanya perjalanan dalam arti denotatif, tapi juga dalam arti konotatif. Perjalanan waktu demi waktu, mempertemukan langkah ini dengan orang-orang yang luarbiasa menginspirasi. Lucu, sekaligus mengharukan.

Bang Aswi, blogger and biker

Bang Aswi, blogger and biker

Si Blogger dan Biker

Sepedaan?
Hari gini?
Saat orang naik Rubicon, Hummer, Alphard?

Si Abang yang satu ini justru memilih sepeda sebagai kendaraan tercinta. Ia mengaku mendapatkan banyak hikmah dan pengalaman yang kaya sepanjang mengayuh sepedanya.
Lupa kapan pertama kali pertemuan kami. Yang terakhir, saat rapat kerja di daerah dataran tinggi Jawa Tengah. Sekalipun kami satu tim, intensitas komunikasi tidak terlalu sering. Hal istimewa darinya : ia sanggup bersepeda bahkan menempuh jarak Jakarta-Bandung!
Hehe…kapan-kapan teruskan sampai Surabaya, Bang🙂

Tulisan-tulisannya lebih ke how-to yang simple : bagaimana membuat bisnis laundry etc.
Lalu, buku-bukunya jarang terbit lagi. Tetapi saya tetap stalking twitternya yang semakin cetar membahana . Sahabat saya yang satu ini menekuni blogging! Penghasilan utamanya sebagai blogger, silakan buat penulis yang lain iri. Mungkin belum sekaya JK Rowling, namun memadukan minat dan bakat, hobby dan karier , adalah satu kesempatan istimewa dariNya.

Si Abang yang satu ini romantis pula.
31 Agustus menggunggah foto bersama istri tercinta, saat ia berulang tahun yang ke 38. So sweet!
Proyek penghargaan yang baru-baru saja diraihnya adalah testdrive Datsun mengelilingi Sulawesi, hasil dari ketekunannya sebagai blogger.

Test drive keliling Sulawesi!

Test drive keliling Sulawesi!

Padatkah jadwalnya?
Selain sebagai blogger, Bang Aswi –nama selebritisnya – juga dikenal sebagai editor dan layouter. Beruntung sekali bila meneleponnya langsung diangkat. Kali ini, atas kiprahnya di dunia blogging, membuat bang Aswi terpilih sebagai salah satu wakil Indonesia dari FLP yang akan melaporkan keindahan kota Karatsu, Saga Perfecture, daerah Kyushu Utara.

Penghubung kami –serasa adegan spionase- harus berkali-kali mengontak bang Aswi, memburunya, memastikannya ikut, menembus kesulitan sinyal wilayah Indonesia Timur yang blank spotnya buat gigit jari, nendang kursi, deg-degan setengah mati!

Selamat , Bang Aswi!
Live tweetnya tentang #Karatsu, sangat ditunggu!
Silakan berkenalan lebih jauh dengan blogger dan biker ini di http://www.bangaswi.wordpress.com

Tulisan ke #2 dari Journey to Enlightment
#Karatsu
#Fukuoka
#Jepang

One thought on “#2 Orang-orang Istimewa (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s