Rahasia Penulis Berhonor Ratusan Juta ~ M !

Berapa honor sebagai penulis?
Rp. 200 ribu, Rp 1 juta, Rp 5 juta?
Sebagaian kitaadalah penulis profesional yang telah menggeluti dunia perbukuan dengan segala kecintaan. Sebagian kita mungkin mulai merasa jenuh dengan dunia tulis menulis. Sebagian kita mungkin masih menulis dalam tahap coba-coba, sekedar hobby, dan menjajagi apakah profesi ini dapat menjanjikan.
FLP Surabaya 6 September mengadakan open recruitment. 3 pemateri dihadirkan : saya, Mashdar Zainal, Dukut Imam Widodo. Selalu saja, saya mendapat banyak bahan pelajaran dari orang-orang di sekeliling. Dari Mashdar Zainal mendapatkan tips menulis cerpen koran. Mashdar adalah salah satu penulis kebanggan FLP, karya-karyanya dapat dinikmati di koran-koran terkemuka seperti Kompas, Jawa Pos dll. Sementara Dukut Imam Widodo lebih layak dianggap Sejarawan, Budayawan, Sastrawan. Namun pak Dukut –panggilan akrabnya- lebih suka sianggap sebagai penulis saja.
Berikut saya tuliskan point-point berharga yang membuat Dukut Imam Widodo, buku-bukunya dijual demikian mahal dan honornya…ckckck, fantastis. Angka 0 sejumlah 8 , Pembaca! Tentu didahului bilangan pasti di depannya  . Tebak sendiri jumlahnya. Ya, ratusan juta! Bahkan, ketika saya tebak honornya hingga milyaran rupiah, pak Dukut hanya tersenyum ramah.

Dukut Imam Widodo

Dukut Imam Widodo

Apa saja rahasianya?
1. Sholat malam
Sholat malam ternyata merupakan pintu inspirasi. Pak Dukut terbiasa bangun dini hari dan memohon kepada Allah SWT : duh Gusti, berikans aya inspirasi menulis. Maka inspirasi yang megnalir sungguh tiada henti.
2. Disiplin
Biasakan menulis sekalipun dalam keseharian demikian sibuk. 1-2 jam sehari harus disempatkan untuk menulis.
3. Manajemen waktu
Jika sehari bekerja atau kuliah 12 jam, masih tersisa 12 jam yang dapat dicuri-curi untuk menulis. Jangan biasakan mengerjakan hal yang tidak bermanfaat.

4. Semangat
Tidak masanya lagi, kata beliau, penulis serba tidak teratur hidupnya dan loyo. Selalu hidup optimis dan penuh semangat.

5. Mental juara
Jangan punya mental looser tapi jadilah seseorang yang bermental winner! Pantang menyerah dan selalu carilah peluang. Pak Dukut bercerita tetnang seorang teman, sebut saja namanya Ayu. Ayu ini sama sekali tidak punya bakat menulis, lalu tiba-tiba berkata iingin menjadi penulis skenario. Ayu lalu memborong film-film Korea, menonton filmnya dan belajar otodidak membuat skenario. Pak Dukut lalu mendapatkan kabar bahwa karya-karya ayu telah dipakai di stasiun televisi terkemuka di Jakarta.
6. Filing system rapi
Simpan arsip-arsip yang terkait dengan kepenulisan , dengan rapi. Jangan menyimpan asal-asalan, sebab saat dibutuhkan, data-data harus dapat ditemukan segera.
7. Be yourself
Jadilah diri sendiri yang khas dan spesial. Jangan mengekor, sekalipun di awal belajar menulis, boleh menyadur dan semacamnya.

8. Membaca karya penulis hebat : Sidney Sheldon dan Pramoedya
Banyak-banyaklah membaca karya-karya yang hebat. Boleh jadi, selera seseorang tidak sama. Pak Dukut sendiri mengatakan, ia hanya suka karya Sheldon dan Pramoedya. Saya pribadi menyukai karya-karya hebat, namun juga gemar membaca buku-buku referensi maupun buku-buku ringan.
9. Menulis dengan hati
Jadikanlah menulis sebagai hobby yang dicintai. Apapun yang dilakukan dengan penuh kecintaan, insyaallah akan membuahkan hasil yang baik. Apa yang dilakukan dengan setengah hati atau bahkan dengan rasa terpaksa, juga menghasilkan buah yang tidak maksimal.

Surabaya Tempo Dulu karya Dukut IW

Surabaya Tempo Dulu karya Dukut IW

10. Proses Produksi
Sadarilah bahwa menulis adalah suatu Proses Produksi. Proses Produksi ini memakan waktu yang panjang, jadi perhatikan semangat, disiplin, manajemen waktu. Surabaya Tempo Dulu ditulis pak Dukut sebanyak 823 halaman, dalam jangka waktu 2 tahun!
11. Jaga relasi dengan siapa saja
Berusahalan memperbanyak teman dan silaturrahim, juga menjaga relasi. Seringkali, rizki tidak datang dari pintu-pintu yang lazin tapi justru ketika kita menjaga hubungan baik dengan seseorang.

4 thoughts on “Rahasia Penulis Berhonor Ratusan Juta ~ M !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s