Biarkan Anak Bercerita tentang Indahnya Quran

Beberapa waktu lalu di Kelas Menulis kami, SDIT Al Uswah diadakan lomba menulis antar anggota, disepakati tema yang diangkat bersumber dari Quran. Anak-anak dipersilakan menceritakan kembali surat-surat yang mengesankan bagi mereka dari Quran; pengalaman menarik yang terkait dengan surat yang dimaksud, atau apa yang tergambar di benak mereka ketika surat itu dilantunkan dan dipelajari.
Hasilnya?
Menakjubkan.
Banyak cerita lucu, unik, yang tak terbayangkan.
Tapi, berhubung hadiah yang disediakan sekolah terbatas; dipililah 3 pemenang untuk tiap level kelas. Selamat menikmati kisah indah Quran versi anak-anak 

*********************

Amira, kelas V, juara I

Aku suka sekali surat An Nisa. Do you now why? Karena An Nisa itu menceritakan tentang WANITA. Aku juga suka surat yang lain, tapi An Nisa itu paling istimewa. Allah sangat memuliakan wanita. Mana ada surat Ar Rijal? Nggak ada kan? Di surat An Nisa itu terkandung tentang hukum2, larangan memakan riba, ciri orang bertakwa, kematian haya akan terjadi dengan izin Allah, makna kesuksesan yang sesungguhnya, perintah untuk bertakwa dan memelihara hubungan kekerabatan, perintah untuk memelihara harta anak yatim, balasan bagi mereka yang kikir, ampunan Allah dan surga bagi orang-orang yang bertakwa, anjuran menafkahkan sebagian harta yang dicintai dan larangan mengambil yahudi sebagai teman kepercayaan. Itulah ciri surah An Nisa. Alhamdulillah…ternyata al Quran itu kaya dengan surat-surat yang bermakna.

Rifcha, kelas V, juara II

Aku suka sekali surat al Waqiah karena surat ini bercerita tentang hari kiamat. Nanti ketika hari kiamat kita digolongkan menjadi 3 golongan yaitu golongn kanan dan golongan kiri. Golongan kanan itu sangat mulia, kalau golongan kiri adalah golongan yang sengsara.
Kalau kita termasuk golongan kanan nanti, di hari kiamat kita berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun buahnya dan air yang mengalir terus menerus dan kasur yang tebal lagi empuk. Enakkan jadi golongan kanan. Kalian mau kan jadi golongan kanan. Aku aja mua masa kalian gak mau sich….?
Tetapi kalau golongan kiri kita sengsara karena kita disiksa dengan angin yang sangat panas dan air mendidih dan naungan asap yang hitam, tidak sejuk dan tidak menyenangkan, pokoknya gitu dech….
Kalau kalian mau tahu selengkapnya baca aja surat al Wqiah.
Kesimpulannya : aku mau menjadi golongan kanan bukan golongan kiri.

Aisyah, Kelas V, Juara III

Aku suka dengan surat al Kautsar. Karena al Kautsar adalah salah satunya itu nama adikku. Aku juga suka karena surat itu berarti bsersyukur kepada Allah SWT. Setelah adikku lahir, keluargaku mendapat nikmat yang banyak. Keluargaku bisa beli mobil, rumah yang mungkin menurutku besar. Dan aku bersyukur karena aku sudah berada di rumah yang besar (tidak sombong). Selain itu , biasanya aku kalau sholat membaca surat ini. Ayat terakhir dari surat ini adalah ”Sungguh orang-orang yang membencimu dialah yang tgerputus.” Jadi aku tidak akan membenci siapapun supaya tidak terputus.

Naila, Kelas IV, Juara I

Assalamu’alaikum. Teman-teman, tahu enggak surat yang paling kusukai? Biar enggak kelamaan, langsung aku kasih tahu saja ya? Ini dia yang daftar surah-surah yang paling kusukai :
– Al Waqiah
– Al Ikhlas
Tahu aja deh, teman-teman, aku tuh sebenarnya suka sih sama semua surah al Quran. Tapi kata bunda Sinta yang PALING aja ya!
Nah, sekarang langsung aku ceritakan kenapa sih, aku sangat suka kedua surat di atas? Satu-satu (aku sayang ibu….lho?) dulu ya….Mulai dari yang pertama yaitu al Waqiah. Aku suka al Waqiah karena al Waqiah banyak cerita apa aja tentang hari kiamat. Terus dari surat itulah aku tahu bahwa manusia itu dibagi menjadi tiga golongan. Yakni golongan kanan, golongan kiri, dan orang-orang (golongan) yang paling dahaulu beriman.
Al Waqiah juga sangat detail menceritakan surga neraka. Sampai-sampai al Waqiah menceritakan dipan-dipannya. Sampai diceritakan cara mereka duduk. Ada surga, pasti ada neraka. Lewat al Waqiah Allah menceritkan keadaan di neraka.
Sekarang, berganti Al Ikhlas ya. Aku suka al Ikhlash karena katanya bunda Sinta banyak orang setelah membaca /mendengarkan surat al Ikhlash menjadi masuk Islam! Subhanallah…Itulah salah satu mukjizatNya yang diturunkanNya lewat al Quran.

Annisa, Kelas IV, Juara II

Aku sangat suka dengan surah yang menceritakan tentang bintang yaitu An Najm, ayat 1-3.
– Demi bintang yang terbenam
– Kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru
– dan tidaklah yang dia ucapkan (al Quran) menurut keinginannya
Alasan kenapa aku memilih surah An Najm yang mempunyai arti bintang : Bintang adalah ilmu pengetahuan dan aku sangat ingin mempunyai ilmu pengetahuan tentang bintang.

Lathifah, kelas IV, juara III
Surat al Lahab menceritakan tentang Abu Lahab yang durhaka kepada Allah SWT. Dan Allah akan memasukkan Abu Lhab ke dalam ”Neraka yang bergejolak”. Serta merta istrinya yang penyebar fitnah. hartanya dan apa yang dia miliki tidak akan bisa menolongnya.
Sungguh dia akan disiksa pada api yang siap menunggunya. Dan sungguh dia akan kesakitan setengah mati. Maka itu janganlah durhaka kepada Allah. Dan apabila ada manusia yang durhaka, pasti dia akan dibalas oleh Allah yang Maha Kuasa.

Titi, Kelas 3, Juara I
Kalian tahu mengapa surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas surat kesukaanku? Karna setiap kali mau tidur aku disuruh untuk membaca surat ini. Dialognya begini :
Aku : Ma, aku mau tidur
Mama : Iya, baca surat An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas dulu ya
Aku : Iya….Ma, ini lagi kubaca lho…
Mama : Habis itu langsung baca doa mau tidur ya..
Aku : Iya,iya, ya Ma…
Akhirnya aku ngantuk tapi tidak bisa. Aneh ya tapi aku bisa bangun pagi. Kalau nggak membaca nggak bisa bangun pagi (biasanya). Selain aku menyukai surat ini untuk bisa bangun pagi, aku suka karna artinya tentan Allah keesaan Allah. Hanya itu yag aku tahu pokoknya I AL QURAN.

Qonita, Kelas 3, Juara II
1. Aku suka sekali dengan Surat Yunus. Karena aku suka dengan kisah-kisah nabi, rasul dan tentang petualangan. Kenapa aku suka Surat Yunus karena cerita itu merupakan nabi yang dimakan oleh paus yang sangat besar.
2. Aku juga suka Surat Al Zalzalah. Karena menceritakan tentang hari kiamat. Memang aku tidak tahu kiamat itu seperti apa dan bagaimana. Setahuku kiamat adalah planet-planet yang berbenturan misalnya Saturnus bebernturan dengan Pluto. Venus berbenturan dengan Bumi. Pokoknya kacau balau
3. Oia….aku juga suka surat-surat yang semuanya ada di al Quran tetapi yang paling kusukai adalah surat al Haqqah. Karena menceritakan tentang hari kiamat. Memang aku tidak berani menghadapi kiamat. Tetapi aku terpaksa menghadapi kiamat.

Diena Shaliha, Kelas 3, Juara III

Pada waktu kecil, Yusuf sangat dibenci sama kakak-kakaknya, karena Yusuf sangat disayang sama ayahnya. Yusuf juga mempunyai adik yang bernama Bunyamin. Dia juga dibenci oleh kakaknya. Pada waktu pagi hari Yusuf diajak oleh kakaknya pergi lalu mereka izin dulu sama ayah nya.
”Ayah bolehkah aku mengajak Yusuf jalan-jalan di padang pasir, bolehkah Yah?”
”Boleh saja.”
Lalu mereka jalan menuju ke sumur dan kakak-kakaknya mencari kambing untuk disembelih dan untuk menjadi bukti. Setelah pulang kakak-kakaknya pura-pura menangis.
”Eh kalian dimana Yusuf?”
”Yusuf telah dimakan oleh serigala.”
Ayahnya pun kaget,” apaaa?”
Ayahya[un menangis setiap hari sampai-samai ayahnya buta.
Pada saat orang-orang sedang mengambil air di sumur, lalu orang-orang kaget. Pada saat itu dia tinggal di istana. Istana itu mempunyai putri yang sangat cantik. Pada saat itu Yusuf berjalan lalu putrinya menarik bajunya sampai sobek.

**********************

Kisah-kisah di atas sekilas terdengar biasa bagi mata telinga orang dewasa. tetapi saya pribadi merasa takjub, bahwa anak-anak menyimpan memori dan kesannya tersendiri tentang makna Quran. Kisah-kisah hikmah yang disampaikan lewat lisan orangtua, guru, atau siapapun membekas cukup dalam. Meninggalkan jejak di sanubari; suatu saat tercetus dalam bentuk inspirasi, pola pemikiran dan juga perilaku. Sebagian terkesan bahwa Quran menceritakan banyak kisah-kisah cerita ajaib, sebagian terkesan bahwa Quran menyimpan ilmu pengetahuan, sebagian memang memiliki pengalaman spiritual pribadi terkait surat-surat tertentu. Tunas -tunas kebaikan yang ditanamkan rumah, sekolah atau lingkungan kadang tak tampak seperti apa tumbuhnya. Sesekali, barulah, terlihat bahwa pohon kebaikan perlahan meghasilkan buah kebaikan pula, InsyaAllah. Sangat mengharukan membaca satu demi satu tulisan anak-anak. Betapa mereka bangga menjadi anak muslim sebab memiliki Quran, betapa mereka berusaha menghafalkan ayat demi ayat Quran dan mereka bahagia ketika lolos ujian sertifikasi tahfidzul Quran. Ow, masih banyak lagi kisah menarik lainnya.
Kadang, ketika membaca tulisan anak-anak didik di Kelas Menulis, tanpa sadar; saya sebetulnya yang banyak belajar dari kebijaksanaan murni mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s