Singa di Padang Kekuasaan : Takudar kecil

Buku ini sudah lama terbit, tapi tetap merupakan buku kebangganku sebab novel ini meraih juara I lomba Novel GIP 2003. Bukan hanya karena itu aku ‘mencintai’ Takudar.

Aku jatuh cinta sejak awal pada syaikh Jamaluddin, pada sumpah setianya, Tuqluq Timur Khan dan juga pada Takudar. Orang-orang tangguh di belantara dunia yang mencoba mencari jawaban pada the circle of life. Kadang aku menangis sendiri membaca buku ini kembali, begitupun aku menangis ketika menyelesaikan trilogi yang ke III.  InsyaAllah seri III sedang diproses untuk terbit. Harapanku remaja, anak-anak, orangtua, kaum muslimin pada umumnya memiliki idola sebenar2nya teladan. Harapanku suatu saat tokoh ini muncul di layar lebar menandingi Batman, Superman, Spiderman sebagaimana harapanku akan munculnya kecintaan kembali pada Thariq bin Ziyad, Umar Mukhtar& pahlawan2 Islam yang lain.

26 thoughts on “Singa di Padang Kekuasaan : Takudar kecil

  1. Assalam.wr.wb.
    sejak pertama kali saya mbaca buku ini, saya langsung jatuh cinta dengan cerita takudar. petugas perpus sampai bosan say tanyai: “bu, buku lanjutan pangeran takudar udah ada apa belum?”
    (maaf bunda, bukannya saya tidak mau membeli. tapi saya saat ini belum mampu untuk membeli buku. bahkan buku pelajaran pun banyak yang tidak saya beli).
    tapi saya berjanji jika saya sudah berpenghasilan, saya akan menyisihkan sebagian untuk membeli buku. tapi, kalo emang ga kuat beli buku. kenapa saya nggak bikin buku aja ya, bunda?hmmhh… mohon bantuannya ya bunda….

  2. Bunda Sinta, Ughi punya pertanyaan mohon di jawab ya:
    1. Pangeran Takudar memimpin mongolia berapa lama?
    2. Siapa yang menjadi permaisuri Pangeran Takudar?
    4. Siapa yang melanjutkan kepemimpinan muslim mongolia setelah Pangeran Takudar Meninggal?
    5. Apakah Pangeran Arghun, pangeran Buzun, dayang Utchatadara, Putri Urghana, dan Pangeran Uljaytu akhirnya menjadi muslim?
    6. setelah naik tahta, apakah Rasyihuddin menjadi perdana menteri/penasehat kaisar Takudar?
    7. apakah jerussalem takluk/menjadi wilayah muslim mongolia ketika kaisar Takudar berkuasa?
    9. Kekaisaran muslim mongolia bertahan berapa lama? apakah sampai berdirinya kerajaan turki utsmani?
    10. apa saja prestasi yang dicapai Kaisar Takudar selama ia memerintah kekaisaran muslim mongolia?

    maaf kalo pertanyaannya tidak sistematis…dan sekali lagi mohon pertanyaan ini mohon di jawab. setidaknya untuk mengisi rasa penasaran saya sebelum terbitnya buku ke-3 Takudar Muhammad Khan.

  3. Alam Ali berkata:

    Assalammualaikum,

    Salam kenal bu.

    Sungguh bagus cerita novel sebuah janji, saya mengira pasti novel tersebut ada kelanjutannya.

    Karena saya jarang di darat (Nelayan) jadi kurang info kelanjutan novel “sebuah janji”.

    Beberapa bulan yang lalu saya memperoleh info dari sebuah surat kabar bahwa “sebuah janji” telah ada kelanjutannya yaitu the prince, dan the road to the empire.

    Alhamdulillah, saya telah memperoleh “the road to the empire” tetapi saya kesulitan untuk memperoleh “the prince”.

    Mohon bantuan petunjuk dimana saya bisa memperoleh “the prince” Posisi saya disurabaya.

    Jazakallah atas bantuannya.

    Wassalammuallaikum.

    • sintayudisia berkata:

      Mas Alam Ali, betapa bahagia & terharunya saya mengetahui seorang nelayan seperti anda mengoleksi buku saya. Semoga menjadi pegangan di tengah lautan, saya dengar orang laut banyak godaan ya? Semoga mas Alam tidak… Untuk the lost prince dan sebuah janji bisa dijumpai di toko-toko buku terutama buku Islam. Memang sudah agak jarang sih. Semoga berhasil menemukan. Kalau saya boleh minta alamat, mau saya kirimkan? no hape saya 08563229782. Doakan buku saya barakah 7 best seller ya

  4. tanyuri berkata:

    the road of empire…itu udah ada 2 buku sebelumnya…wah baru ngikutin nih…berarti yg sy beli buku ke 3 ya?…bagus bgt…karena sy senang dengan novel kisah nyata dr sejarah…tob abis…

    • sintayudisia berkata:

      Alhamdulillah, JAzakumullah dah baca karya mbak. Doakan barakah & best seller ya…buku 1 Sebuah Janji, buku 2 The Lost Prince, tapi keduanya diterbitkan GIP bukan LPPH. Coba cari di toko buku ya….salam untuk teman2 & keluarga

  5. vella berkata:

    wah, rasanya kaya mimpi, sy yg bukan sp2 bs ketemu sm mbak sinta (maap niy, panggil ‘mbak’, abiz keliatan masih muda banget c ) penulis the road to the empire yang keren abiz n berhasil ‘menggondol’ tanda tangannya. Ooww ternyata itu novel trilogi tow, jadi penasaran ma buku sebelumnya, moga masih ada ya mbak…aku mau nyari, penasaran soalnya… Pokoknya, sy ga akan pernah lupa saat-saat ketemu ma mbak sinta…seminggu yang lalu…

    • sintayudisia berkata:

      Assalamu’alaikumwrwb.
      Vella..love you dek, moga kita ketemu lagi ya…doakan novel mbak barakah & best seller. Lalu mbak bisa nulis produktif juga…salam untuk teman2

  6. Kang Yasep berkata:

    Assalamu’alaikum..
    Mba..Novel the road to the empire bagi saya adalah satu dari sedikit novel lokal yang luar biasa.. semoga mba terus melahirkan novel-novel seperti itu.
    Kisah Muhammad Al- Fatih boleh juga tuh mba diangkat..karena referensi ttg Al-Fatih yang ada cuman dikit itupun terlalu ilmiah.
    Trus dari dulu saya ingin mendambakan sebuah novel sejarah palestina (tapi saya ngga bisa nulis..mimpi kali ye) yang dimulai dari masa Nabi Musa sampai Sekarang….yang jadi tokoh sentralnya adalah gerakan yang bangun oleh penyihir firaun yang walaupun sudah beriman tapi keimanannya tidak sempurna sehingga membuat patung anak sapi dan sekarang bermetamorfosis menjadi gerakan zionisme internasional.
    Wassalam..

    • sintayudisia berkata:

      Wassalamu’alaikumwrwb.Alhamdulillah…Kang Yasep. Doakan novel ini tidak berhenti hanya sampai disini, doakan barakah & best seller ya. Saya sangat menginginkan suatu saat para pahlawa Islam difilmkan melebihi trilogi Lord of the ring yang melegenda itu. Bayangkan jika Shalahuddin, Thariq bin ziyad, Muhammad al Fatih, Takudar dan tokoh-tokoh Islam yang benar-benar heroik divisualisasikan. Lalu ana-anak dan remaja dimana-mana mengidolakan mereka, m encontoh semua kebaikannya…semoga ya…

  7. Muhammad Arsyad Abdullah berkata:

    Assalamu ‘alaikum wr. wb.
    Apa kabar mbak? Semoga mbak Sinta sehat selalu dan tetap produktif menulis. Amiiiin…
    Mbak, karya mbak Sinta yg pertama kali saya baca adalah The Road to The Empire (akhir des 08). Terus terang, awalnya saya tertarik dgn sub judulnya “Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol”. Saya bertanya dlm hati, emang ada keturunan Jenghis Khan yg muslim? Krn penasaran, saya beli novel tsb. Ternyata isinya betul2 bagus, rasanya gak mau novel tsb tamat. Saking sukanya, saya udah 3 atau 4 kali tamat.
    Bulan lalu, saya dpt info kalo novel tsb adalah buku ke 3. Saya mulai cari novel yg ke 1 & ke 2 di toko2 buku. Tapi sampai hari minggu kemarin, novel2 itu belum juga ketemu. Lalu saya membaca tawaran mbak Sinta ke mas Alam Ali. Kalo boleh, tolong kirimin saya juga ya mbak! Nanti saya sms-in alamat saya. Terimakasih sebelumnya. Btw, novel mbak yg baru kapan terbitnya?
    Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

    • sintayudisia berkata:

      Wa’alaikum salam.wrwb.
      Alhamdulillah..doakan novel ini barakah & best seller ya dek. Semoga kita semakin terpacu memperbaiki diri setelah membaca figur para pahlawan muslim. Ini no hape mbak Sinta 08563229782, moga-moga buku 1-2 masih ada di pasaran ya…jangan lupa doakan mbak Sinta

  8. raya berkata:

    salam kenal mbak shinta. kebetulan suatu hari ketika sedang ngantuk2nya di bis, ada yang jual buku : “20 ribu..20 ribu…novel bagus 20 ribu”, saya bangun dan mengamati buku2 itu..iseng saya beli satu hanya pingin tahu bagaimana bentuk novel bisa hanya 20 ribu. ternyata saya baru sadar itu bajakan. Sampai di rumah saya baca dan awww batin saya bergolak membaca ceritanya. belum ada lho novel sejarah dengan setting asia tengah itu. dan sekarang saya mencari buku berikutnya. mudah2an kali ini bukan yang “20 ribu..20 ribu…” mohon maaf lho, saya tidak sengaja memilih yang bacakan untuk berkenalan dengan sosok takudar khan ini.

  9. dina berkata:

    assalamu’alaikum

    mba sinta saya suka banget sama novelnya the road to the empire, apalagi sama sosok takudar dan salim. saya mau tanya mba itu nyata atau nggak sih mba? ceritanya bagus banget, saya sampe ga percaya kalo endingnya sampe situ, kalo yang saya pengen, pengennya yakudar sampe menikah gitu mba hehehe…
    pokokke novel mba top banget deh saya sampe nangis2 loh mba bacanya ;p

    • Wa’alaykumsalamwrwb.
      Kalau menangis jangan lupa untuk terus bersemangat mengikuti jejak langkah mereka ya dek…Tentang Takudar memang ada dalam sejarah. Tetapi kisah hidupnya nyaris tak banyak ditemukan, berbeda dengan Jengiz khan dan kubilai Khan. Rasanya ada tanggung jawab mbak sebagai penulis muslim untuk menuliskan jejak perjuanganmereka sekalipun itu fiksi ya…saling mendoakan ya dek….insyaAllah di novel yang berikut takudar menikah kok.

  10. mutmainnah berkata:

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…
    salam kenal sebelumnya.
    aku salah satu pengagum berat novel ini.
    selamat buat mbak sinta atas karya-karya mbak yang ngebanggain.
    jujur aku nangis baca novel ini (the lost prince). karya mbak benar-benar hebat. kata-kata yang terkandung di dalamnya bener-bener bisa bikin aku malu sama diri sendiri yang kurang mencintai agama sendiri *malah curhat*.
    ayo mbak, semangat bikin karya-karya yang lebih menggugah, karena novel seperti ini sekaligus bisa dijadiin media dakwah.
    aku juga berharap, tokoh takudar akan jadi lebih besar daripada tokoh2 pahlawan dunia barat.🙂
    wassalamualaikum.

  11. Sughron Jazila berkata:

    assalamualaikum..

    bu, buke ne based on true story ya???
    bagus bgt.

    takudar khan raja ke berapa?? tahun berapa?? asya sangat menyukai cerita dalam buku ne..

  12. Mba Sinta… saya sangat penasaran sekali dengan Novel yang mba tulis ketika saya membaca nama “Takudar Khan” atau dalam sebutan inggris “Ahmad Teguder Khan”.. karena selama ini memang saya penasaran dengan sejarah Abbasiyah yang dikalahkan oleh bangsa Mongol, nama itu muncul dalam goresan sejarah penaklukan Mongol di wilayah Persia tersebut menjadi sebuah dinasti yang di kenal sebagai “Dinasti Ilkhan”…

    Dalah sejarah yang aku baca keterkaitan Agrhun dan Takudar adalah Paman dan Kemenakan (Takudar adalah saudara dari Abaqa Khan)serta Arghun adalah pelanjut tahta Takudar setelah mengeksekusi nya karena ia memeluk agama Islam (ditunjang dengan fakta buruknya hubungan antara persia dan mongol kala itu)…

    Mohon penjelasan ya Mba… supaya aku ga rancu dalam membaca dan menterjemahkan novelnya… saat ini aku masih mencoba menyelesaikan novelnya (hadiah dari istri)… dan keingintahuan ini juga diperkuat dengan ketertarikan aku dalam sejarah (bangsa apapun)…

    Jadi mohon di share ya mba info nya…

    Regards

    Jovial Dien

    • Mas Jove..mohon maaf lama gak bisa balas. Karena balasannya butuh waktu yang lama, gak bisa 1-2 kalimat. Btw, saya beberapa kali berkunjung ke blog mas Jove , ‘n berhubung gaptek, gak bisa ninggalin mesej. Saya mau UAS, doakan ya. Ntar habis UAS baru mau nulis liputan perjalanan ‘n menanggapi tulisan2 seperti punya mas Jove. Doakan ^_^

  13. Nadita Zairina S berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Bunda sintha
    saya baru baca buku the road to the empire, maaf lho saking sukanya sekarang bukunya udah agak “menggelembung” karena terlalu sering dibaca, saya suka banget sama buku itu, ternyata sebelum buku ini sudah ada dua pendahulunya ya?
    kalau boleh tolong dijelaskan sedikit dua buku sebelumnya bercerita tentang apa dan siapa tokoh sentralnya, selain itu apa buku ketiga ini akan ada lanjutannya?

    Terus semangat untuk terus berkarya ya…^_^

    • Wa’alaikumsalamwrwb.
      Nadita yang baik dan cantik , Alhamdulillah…Jazakumullah, makasih banget atas apresiasinya. Perlu digaris bawahi bahwa tokoh Takudar itu benar adanya tetapi The Road to The Empire adalah fiksi bersetting sejarah, bukan buku ajar sejarah ya. Jadi nanti kalau Nadita menemukan beberapa fakta yang berbeda dengan sejarah, jangan kaget. Karena saya sendiri pun sampai sekarang masih terus mempelajari Mongolia😉
      InsyaAllah sedang digarap kisah Takudar yang berikut. Dua yg sebelumnya ( Sebuah Janji dan The Lost Prince) kayaknya dah menghilang di pasaran …;-(
      Doakan kisah lanjutan Takudar dapat selesai tepat waktu ya….Luv U. Nadita tinggal dimana?
      Wassalamwrwb

  14. avi berkata:

    bukunya bagus bunda, saya kira cuma “sebuah janji” ternyata trilogi. saya suka sekali dengan settingan ceritanya, detail alurnya juga bagus, bikin gak ngantuk, pengen tau selanjutnya apa, lanjutannya gimana, top deh!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s